News Update :

Wednesday, May 23, 2012

Sembunyikan File Anda Dalam Sebuah Gambar

Share this article :

08:48 | ,


Jika anda mempunyai sebuah file rahasia dan tidak ingin diketahui oleh orang lain? sebenarnya cara sederhana adalah menghiddden file yang di sembunyikan, tetapi cara ini ada kelemahannya file tersebut dapat dilihat oleh seseorang dengan meng-aktifkan fitus Show hidden files and folder pada menu Folder Option
Ada beberapa cara untuk menyembunyikan File kedalam gambar berikut diantaranya :

Menggunakan Applikasi Jpeg+FileBinder

Pada Trik Kali ini kita mencoba menyembunyikan file rahasia kedalam gambar dengan menggunakan Applikasi Jpeg+FileBinder. Download >>DISINI<<

Kita juga membutuhkan program pendukung lainnya seperti WinZip, 7Zip, dll karena nantinya sebenarnya file tersebut menjadi bentuk kompresi tetapi seakan-akan menjadi gambar.


Ikuti Langkanya :
1. Untuk percobaan buat  sebuah file dari Notepad. Dalam contoh ini saya menggunakan file bernama fastncheap.txt.
2. Lalu kompress file tersebut dengan winrar kedalam bentuk zip
3. Selanjutnya Jalankan Applikasi Jpeg+FileBinde

4. Masukkan satu file gambar yang ingin digunakan sebagai tempat persembunyian File rahasia pada kolom Pictures.
5. Masukkan file yang ingin di sembunyikan ke dalam kolom Compressed File, ingat! file tersebut sudah kita buat pada langkah no 2.
6. Pada Output Picture File, ketikkan nama yang anda ingini sebagai nama gambar yang akan di buat.
7. Kemudian klik tombol OK. Maka akan tercipta sebuah file gambar yang di dalamnya terdapat file
rahasia anda
8. Untuk mencoba apakah trik ini berhasil anda bisa membuka file gambar yang sudah tercipta tadi menggunakan WinRAR. Klik Kanan pada file gambar kemudian Open With > WinRAR.
 9. Dan taraa,,,,, file rahasia pun terbuka
Cara ini sangat efektif karena apabila gambar tersebut di buka melalui Microsoft Frame Picture akan tetap seperti gambar.

Source : http://blog.fastncheap.com/trik-menyembunyikan-file-dalam-gambar-jpeg-dan-jpg/#ixzz1vUpIhpqs

STEGANOGRAFI

Menurut Wikipedia Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia di dalamnya. lebih jelasnya bisa anda telusuri sendiri disini

Sederhananya steganografi merupakan teknik untuk menyembunyikan tulisan atau file ke dalam sebuah file. bingung yak?

Bandingkan kedua gambar ini adakah perbedaanya ?

Jika dilihat sepintas tidak ada perbedaanya, untuk melihat perbedaannya coba anda simpan kedua gambar diatas lalu lihat ukuran nya Gambar sebelah kiri yang bernama klikedukasi.jpg berukuran 32,7 kb dan tidak saya manipulasi sedikitpun, sedangkan gambar sebelah kanan bernama hasil.jpg berukuran lebih besar dari gambar pertama yaitu 50,6 kb.

Anda bisa pastikan sendiri gambar di atas sama persis, yang membedakan hanya ukurannya. Kenapa bisa ukurannya berbeda? karena saya sudah menyisipkan satu buah file ke dalam gambar yang sebelah kanan
.
Untuk membuktikannya gimana? Setelah anda simpan, coba anda klik kanan gambar yang bernama hasil.jpg kemudian open with winrar, atau bisa dengan cara merename nama hasil.jpg menjadi hasil.rar

Apa yang terjadi? anda akan melihat di dalam file tersebut ada file bernama logout.php. Nah loh keliatan kan ada file yang saya sisipkan. Oiya saya asumsikan di komputer anda sudah terinstall program winrar sebelumnya.

Trus bagaimana cara menyisipkan file ke dalam gambar tersebut? Sebenarnya sangat mudah, kita cukup menggunakan sedikit perintah yang ada di command prompt (CMD) windows.
Dalam uji coba kali ini saya hendak menyatukan file klikedukasi.jpg dengan file logout.php, nanti setelah disatukan akan menjadi file hasil.jpg seperti di atas.


Mari kita coba. ikuti step step berikut:
1. Buat folder bernama terserah anda, saya memberi nama folder ini steganografi letaknya di drive D:\>
2. Copy paste file gambar klikedukasi.jpg dan file php logout.php ke dalam folder tadi yang kita buat. Buatlah file steganografi.rar yang di dalamnya terdapat 2 buah file di atas. Biar lebih jelas saya kasih screenshot seperti di bawah.
3.Persiapan filenya sudah kita lakukan, kini saatnya masuk ke command prompt, buka cmd dengan cara tekan tombol window + R ketik cmd dan enter akan terbuka jendela command prompt seperti ilustrasi berikut
4. Masuk pada direktori tempat menyimpan folder steganografi tadi, saya menyimpannya di drive D, alamat lengkapnya seperti ini D:\steganografi

:: Masuk terlebih dahulu ke drive D, kemudian pindah ke folder steganografi. Caranya ketik pada command prompt D: tekan enter
:: Kemudian pindah ke direktori steganografi dengan mengetik cd steganografi akhiri dengan enter

:: Kita sekarang telah berhasil masuk ke folder steganografi, ditandai dengan adanya tulisan D:\steganografi> di command prompt.

5. Nah sekarang saatnya kita memnyatukan dua file tadi. gimana caranya? ketik perintah berikut:
copy /b klikedukasi.jpg+steganografi.rar hasil.jpg

Akhiri dengan menekan tombol enter. Gambar di bawah ini menunjukkan perintah yang kita gunakan dari langkah nomer 4 tadi.

Daaaaaan coba cek di folder steganografi kita, jika anda berhasil maka akan ada file bernama hasil.jpgdalam folder tersebut.Teknik di atas bisa juga anda gunakan untuk menyembunyikan banyak file dalam satu file gambar. Saya pernah membuat file sejenis ini yang di dalamnya berisi beberapa program dan beberapa folder, file gambar yang saya buat itu besarnya mencapai 76 MB.

Sumber : http://www.klikedukasi.com/2012/01/menyembunyikan-file-ke-dalam-gambar.html

Note :- Kindly g+1 this post if you found it useful
Euro Live Streaming
You Might Also Like :


Post a Comment